Profil Pulau Pahawang

Menurut kepercayaan masyarakat setempat yang terdiri atas 2 versi, Pulau Pahawang ditemukan pertama kali oleh Pak Hawang, seorang nahkoda kapal yang terdampar di pulau tersebut bersama anak buahnya yang bernama Mandara, beberapa ratus tahun silam. Sedang versi kedua tentang sejarah dari pulau ini yang pertama kali menemukan adalah seorang perempuan bernama Mpok Awang yang memiliki darah China dan Betawi, sekitar tahun 1800an.


Bukti dari legenda simple versi kedua ini adalah adanya sebuah makam keramat yang dianggap angker yang ada di tengah pulau, tepatnya di atas sebuah bukit batu. Tentang mana yang benar dari kedua versi tersebut, hingga kini masih belum dapat dibuktikan secara ilmiah.

Pulau Pahawang selain merupakan nama sebuah Pulau juga nama sebuah desa. Artinya yang dimaksud dengan Desa Pahawang yang menjadi bagian dari wilayah administratif Kecamatan Marga Punduh adalah Pulau Pahawang Besar yang menjadi tujuan utama dari para wisatawan yang ingin berwisata di kawasan pulau ini.

Dinamakan Pulau Pahawang Besar karena di kawasan sekitar perairan ini terdapat 2 pulau dengan nama Pahawang, yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Pulau Pahawang Besar memiliki luas sekitar 1.020 hektar dengan jumlah penduduk 1.664 jiwa yang mayoritas bermatapencaharian sebagai nelayan. Sebagaimana desa dan kampung pada umumnya, disini juga terdapat berbagai fasilitas umum seperti pasar, puskesmas, sekolah serta yang lain.

Seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke kawasan Pulau Pahawang, di Pulau Pahawang Besar pun banyak berdiri penginapan baik dalam bentuk hotel, villa maupun cottage. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang menyewakan tempat tinggal mereka untuk dijadikan homestay. 

Berbeda dengan Pahawang Besar, Pulau Pahawang Kecil hanya memiliki luas sekitar 13 hektar, dan merupakan private island karena pulau ini tidak ditempati masyarakat umum, melainkan dimiliki atau dikelola oleh perorangan yang tinggal di sebuah cottage yang ada di pulau tersebut. Pemilik atau pengelola dari Pulau Pahawang Kecil ini adalah seorang warga negara Perancis yang oleh masyarakat setempat dikenal dengan nama Mr. Joo.

Mr. Joo oleh penduduk Pulau Pahawang Besar dikenal sangat dermawan dan kerap membantu masyarakat dengan membangun beberapa fasilitas umum seperti dermaga, sekolah serta kantor desa. Bahkan biaya pendidikan seluruh anak usia sekolah yang belajar di SD dan SMP yang ada di Pahawang besar semuanya ditanggung oleh Mr. Joo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

@sigertravelindo